Sunday, April 1, 2018

Mau Produksi Tinggi? Ini Kunci Budidaya Ubi Jalar



Cara Budidaya Ubi Jalar -- Bagaimana budidaya ubi jalar semoga menghasilkan umbi yang besar-besar alias tinggi produksinya? Ini yaitu tanda tanya bagi yang belum pernah sama sekali menanam ubi jalar atau ketela rambat.

Boleh jadi, bagi yang sudah beberapa kali menanam ubi jalar pun masih bertanya-tanya alasannya mungkin jadinya belum sesuai impian dan jauh dari produktivitas ubi jalar tetangga sebelah. Atau jenis ubi jalar apa yang bergotong-royong prospektif untuk ditanam.


Mudahkah budidaya ubi jalar?

Sebenarnya, budidaya ubi jalar itu tidak segampang yang kita bayangkan atau tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk memperoleh hasil yang bagus. Menanam ubi jalar, baik di sawah, kebun, atau mungkin dalam pot, butuh pengetahuan memadai wacana ubi jalar mulai dari pembibitan hingga dengan panen.

Di samping pengetahuan teknis budidaya ubi jalar, yang harus dimiliki oleh seorang petani ubi jalar yaitu yakin terhadap usahanya, kemauan, kesungguhan dan kesabaran semoga membuahkan hasil yang yang didambakan. Sebab, tanpa itu semua akan berpotensi untuk simpel mengalah ketika menemukan kendala-kendala di lapangan.

Sobat, itu sekilas untuk menanamkan semangat sebelum menanam ubi jalar 😅. Usaha yang baik dan benar tidak akan mengkhianati hasilnya. Baik, kita arahkan kembali uraian artikel ini ke budidaya ubi jalar.

Artikel ini tidak hanya membahas cara tanam ubi jalar. Sebab, kalau hanya memahami cara tanam, maka berarti belum paham betul dengan budidaya ubi jalar.

Kenapa? Karena bila ingin berhasil, maka perlu memahami seluruh aspek budidaya ubi jalar mulai di mana lahan yang cocok, bagaimana menyiapkan lahan, bagaimana dengan cara pembibitan, bagaimana pula cara menanam, perawatan hingga dengan panen.


Sisi menarik budidaya ubi jalar

Sebelum melihat cara budidaya ubi jalar, mari kita lihat apa sisi lebih atau sisi menarik menanam ubi jalar.
  • Permintaan pasar tinggi baik domestik maunpun luar negeri
  • Mudah dibudidayakan
  • Usia panen relatif cepat 4-5 bulan
  • Produksi tinggi mencapai (30 – 50 ton/hektar)
  • Harganya relatif tinggi
  • Tidak perlu pemupukan pada tanah yang cukup subur
  • Biaya rendah dan untungnya besar
  • Serangan organisme pengganggu tumbuhan rendah
  • Hasil produksi berupa umbi sanggup disimpan lebih usang dan tidak cepat busuk

Jenis Ubi jalar

Untuk budidaya ubi jalar banyak pilihan jenisnya, ada yang merah, putih, kuning dan ada juga yang ungu. Secara umum semua jenis ubi jalar sanggup ditanam. Namun, seiring dengan pengetahuan wacana nilai gizi dan tingginya respon pasar, tidak mengherankan kalau banyak yang melirik ubi jalar ungu untuk dibudidayakan.


Kandungan gizi ubi jalar

Ubi jalar mempunyai kandungan nutrisi yang relatif tinggi. Karena itu, ada sebagian masyarakat yang mengakibatkan ubi jalar sebagai materi kuliner pokok selain beras/nasi. Ada juga yang memanfaatkan untuk kesehatan ibarat untuk anti penuaan dini (anti-aging) alasannya memang ubi jalar mengandung antioksidan.

Apa saja kandungan gizi ubi jalar? Kandungan gizi ubi jalar yang paling tinggi yaitu karbohidrat dengan nilai kisaran tertinggi mendekati angka 30%. Di samping karbohidrat, ubi jalar mengandung juga kalori, protein, lemak, gula, vitamin A (antioksidan), vitamin B6, vitamin C, magnesium, dan juga kalium. Semua komponen gizi ini sangat bermanfaat untuk kesehatan.


Untuk apa dipakai hasil produksi ubi jalar?

Ubi jalar, biasa juga disebut ketela rambat,  bisa dikonsumsi pribadi dengan cara direbus atau digoreng sebagai snack. Namun, hasil produksi ubi jalar banyak dipakai sebagai materi baku industri, ibarat industri kue, tepung, minuman, mie, roti, dan sejenisnya.

Bahkan, orang-orang di luar negeri sana, ubi jalar diolah menjadi aneka macam macam produk makanan  bergengsi. Di Jepang, misalnya, ubi jalar menjadi kuliner bergengsi setara dengan hamburger atau pizza. Demikian juga dengan di belahan bumi Amerika, ubi jalar sudah sejajar dan menjadi alternatif kentang dalam aneka macam olahan makanan.

Bagi orang awam, ubi jalar tampaknya terbatas sebagai kuliner tradisional saja. Tetapi, di mata orang cerdas, ubi jalar sudah jauh penggunaannya dari apa yang kita pikirkan. Ubi jalar sudah menjadi materi baku industri farmasi, kosmetika, tekstil, dan juga menjadi materi baku pembuatan sirup.

Baik, luar biasa seruan dan penggunaan ubi jalar. Sudah siapkah Sobat untuk memulai budidaya ubi jalar? Kalau sudah, kini saatnya untuk membuka kunci untuk memahami teknis budidayanya.


Kodisi tumbuh ubi jalar


Ubi jalar sangat baik dan jadinya elok kalau ditanam pada daerah yang letaknya 0-500 meter di atas permukaan bahari (dpl) dengan temperatur udara agak sejuk. Selain itu, kondisi tanahnya harus gembur dan subur, kaya materi organik, dan keasaman tanah (pH) berkisar 5,5-7,5. Tanah yang baik menanam ubi jalar jenis lempung berpasir.

 Bagaimana budidaya ubi jalar semoga menghasilkan umbi yang besar Mau Produksi Tinggi? Ini Kunci Budidaya Ubi Jalar
Ubi Jalar. Gambar : Dokpri

Oh, ya ubi jalar menghendaki adanya penyinaran penuh semoga produksi umbinya besar dan banyak. Dan yang paling penting lagi yaitu adanya air yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangannya.


Penyiapan lahan

Kalau lokasi untuk menanam ubi jalar sudah ada, kini tugasnya menyiapkan lahan. Bagaimana cara menyiapkan lahan? Lahan yang agak keras bergotong-royong sudah kurang cocok. Tetapi, kalau memang demikian, maka lahan itu harus diolah terlebih dulu dengan memakai traktor atau alat kultivator lainnya.

Lahan gembur atau tanah yang telah diolah, segera sanggup dibentuk bedengan atau guludan. Lebar guludan 1-1,2 meter, tingginya 30-40 cm, jarak antar guludan 60-75 cm yang berfungsi sebagai jalan masuk drainase.

Agar kesuburan tanah tetap terjaga, maka pada dikala penyiapan lahan perlu diberikan pupuk organik Untuk pupuk organik, sanggup dipilih mana yang simpel didapatkan ibarat pupuk sangkar sapi, domba, kerbau dan pupuk kompos. Kalau memakai pupuk kandang, takaran per hektar yaitu 15-20 ton. Namun, kalau memakai pupuk kompos, dosisnya cukup 10 ton per hektar.

Campurkan secara merata pupuk organik dengan tanah. Setelah itu, biarkan lahan tanam selama seminggu sebelum menanam ubi jalar. Ini semoga terjadinya interaksi pupuk dan tanah sehingga lahan tanam menjadi lebih mantap dan siap menyambut bibit ubi jalar ketika ditanam.


Pembibitan ubi jalar

Sebelum masuk ke pembibitan, pastikan menentukan bibit ubi jalar yang varietas kualitas unggul, sehat dan produktivitasnya tinggi. Walaupun tangan Sobat sedang memegang cangkul, tapi jangan lupa mata Sobat tetap selalu melirik ke pasar untuk update jenis ubi jalar yang tinggi permintaannya.

Sebenarnya, bibit ubi jalar sanggup diperoleh dengan  cara, yaitu cara generatif dan vegetatif. Namun, alasannya cara generatif, yaitu cara memperoleh bibit dari perlakuan biji, jarang dilakukan petani dan ini hanya khusus untuk penelitian, maka dalam artikel ini pribadi saja kita bahas cara pembibitan vegetatif.

Bibit vegetatif ini yaitu perbanyakaan bibit ubi jalar dengan cara stek batang atau pucuk baik dari tumbuhan produktif maupun penyemaian umbi. Nah, untuk mendapat bibit ini harus dipersiapkan dulu indukannya.

Kalau stek diambil dari indukan tumbuhan ubi jalar produktif (tanaman yang sedang dibudidaya untuk komersial), maka syarat indukannya sudah berumur 2 bulan. Namun, kalau stek diperoleh dari penyemaian umbi, maka stek sudah sanggup dilakukan pada umur 3-4 minggu.

Selain umurnya, indukan ubi jalar untuk stek, baik dari tumbuhan produktif maupun semaian umbi, haruslah yang sehat, segar dan kekar. 

Bagaimana cara stek? Berikut ini langkah-langkah dalam melaksanakan stek batang ubi jalar.


Cara stek batang ubi jalar

1. Stek batang/pucuk ubi jalar dari tumbuhan produktif
  • Siapkan pisau atau gunting stek yang tajam dan steril
  • Potong pucuk ubi jalar dengan panjang 20-25 cm, namun tetap mempunyai 2-3 ruas
  • Pangkas daun-daunnya
  • Satukan semua potongan stek, setiap 50 - 100 pucuk stek diikat
  • Taruh ikatan stek dengan posisi tegak pada daerah yang teduh selama 1—4 hari. Ingat, jangan disiram/dibasahi
  • Setelah waktu tersebut, stek batang ubi jalar siap ditanam di lahan
  • Stek batang/pucuk ubi jalar sanggup juga pribadi ditanam tanpa perlu disimpan. Namun, akan lebih baik bila disimpan dulu selama 1-4 hari semoga tidak stres pada dikala ditanam. Dengan menyimpan, stek batang ubi jalar akan mulai mengeluarkan akar pada bukunya.

2. Stek batang/pucuk dari penyemaian umbi ubi jalar

Jika perbanyakan bibit ubi jalar melalui umbi, maka umbi harus dilakukan penyemaian. Ada 2 cara untuk penyemaian umbi, yaitu dengan (A) cara semai dalam media terbatas dan (B) semai pada bedengan.


A. Semai umbi ubi jalar pada media terbatas (vegetatif alami)

Maksud dari media terbatas ini yaitu penggunaan media kecil ibarat gelas/botol yang berisi air untuk merangsang pertumbuhan akar. Biasanya pembibitan ubi jalar model ini dilakukan untuk sekadar menyalurkan hobi atau berkebun di rumah dan juga lahan terbatas.

Cara semainya ibarat berikut ini, yaitu :
  • Beli ubi jalar dengan jenis yang disukai sanggup ungu, merah, kuning dan lainnya
  • Potong umbi dengan pisau tajam dan higienis menjadi 2 bagian
  • Taruh umbi yang sudah dipotong dengan posisi sayatan menghadap ke bawah
  • Tusukkan 3 lidi/bambu/tusuk gigi pada umbi 3 titik secara melingkar dan sempurna di tengah-tengah. Fungsi lidi atau bambu ini untuk penyangga nantinya
  • Ambi gelas atau botol bekas air mineral yang sudah dipotong. Ukuran gelas/botol sedikit lebih besar dari umbi
  • Isi air ke dalam gelas/botol separuhnya saja (secukupnya)
  • Masukkan/celupkan umbi yang sudah ditusuk dengan lidi/bambu ke dalam gelas/botol hingga penggalan umbi yang tersayat (1-2 cm) menyentuh air
  • Tunggu 1-2 ahad umbi akan mulai keluar tunas. Kalau tunas sudah panjang 10-15 cm dan sudah mengeluarkan sedikit akar, tunas sudah sanggup dipindahkan ke polybag atau disimpan dulu dalam wadah hingga siap ditanam.

 Bagaimana budidaya ubi jalar semoga menghasilkan umbi yang besar Mau Produksi Tinggi? Ini Kunci Budidaya Ubi Jalar
Semai umbi ubi jalar. Dokpri

 Bagaimana budidaya ubi jalar semoga menghasilkan umbi yang besar Mau Produksi Tinggi? Ini Kunci Budidaya Ubi Jalar
Tumbuh tunas sehabis 1 ahad semai ubi jalar. Dokpri
 Bagaimana budidaya ubi jalar semoga menghasilkan umbi yang besar Mau Produksi Tinggi? Ini Kunci Budidaya Ubi Jalar
Tunas ubi jalar siap dipindahkan ke polybag. Dokpri
 Bagaimana budidaya ubi jalar semoga menghasilkan umbi yang besar Mau Produksi Tinggi? Ini Kunci Budidaya Ubi Jalar
Tunas dipindahlan dulu ke polybag. Dokpri

B. Semai umbi ubi jalar pada bedengan

Untuk medapatkan bibit dari stek batang/pucuk, maka boleh ditempuh dengan cara menyemai umbi terlebih dahulu pada bedengan.


Cara semai umbi ubi jalar pada bedengan, yaitu :
  • Siapkan bedengan dengan lebar 1 meter dan panjang tergantung banyaknya umbi yang akan disemai
  • Berikan pupuk kompos atau pupuk kadang dan dicampur dengan tanah bedengan
  • Masukkan umbi ke dalam lubang tanam dengan posisi mendatar. Jarak masing-masing umbi yaitu 3-5 cm.
  • Tutup umbi dengan tanah secara tipis saja atau ketebalannya 2-3 cm
  • Siram secukupnya dan tunggu 3-4 ahad tunas sudah panjang dan siap distek untuk bibit. Cara stek sama dengan stek pada tumbuhan ubi jalar produktif


Catatan : pada dikala stek batang/pucuk dari semaian umbi, sisakan batangnya 3-5 cm atau 2-3 ruas semoga tumbuh cabang-cabang baru. Cabang-cabang gres ini nantinya sanggup distek lagi untuk bibit.

 Bagaimana budidaya ubi jalar semoga menghasilkan umbi yang besar Mau Produksi Tinggi? Ini Kunci Budidaya Ubi Jalar
Stek Ubi Jalar. Gambar : Dokpri


Oh, ya.. jangan melaksanakan stek ubi jalar pada dikala terik matahari atau cuaca panas. Usahakan pengambilan stek pada dikala cuaca hambar atau tepatnya pada pagi hari.


Apa kelebihan dan kekurangan stek batang/pucuk melalui tumbuhan indukan produktif dan umbi?

Kelebihan menanam ubi jalar dengan memakai stek batang/pucuk tumbuhan produktif yaitu hasil produksinya tinggi. Namun, kekurangannya tidak sanggup dilakukan secara terus menerus. Stek dari indukan produktif hanya sanggup dilakukan hingga 4 generasi.

Selain itu, kekurangan stek batang/pucuk dari tumbuhan produktif hanya sanggup diambil 1 atau 2 stek saja. Jika diambil stek dalam jumlah banyak akan mengurangi hasil alasannya umbi tumbuhan produktif akan kecil-kecil.

Kelebihan bibit dari semaian umbi, apa? Kalau bibit berasal dari penyemaian umbi dan kemudian batang/pucuknya distek, maka kualitas dari ubi jalar tidak menurun dan produksinya relatif selalu tinggi.

Sayangnya, kalau dilihat sisi negatif atau kekurangan bibit dari umbi, rupiahnya berkurang he..he..😅. Bayangkan kalau sekian ton hasil panen umbi dijadikan bibit lagi, apa yang terjadi? Tentu saja akan mengurang kuantitas penjualan hasil produksi dan terang mengurangi keuntungan.

Penanaman ubi jalar
Ini ia gres masuk cara menanam ubi jalar yang merupakan salah satu aktivitas dalam budidaya ubi jalar. Bagaimana cara menanamnya, apakah tegak, mendatar, atau menciptakan lubang tanam dulu atau bagaimana yang benar?

Ok, sehabis bibit ubi jalar sudah siap untuk ditanam, maka bibit stek segera tanam di atas bedengan atau guludan. Penanaman yang sempurna dilakukan pada awal atau selesai ekspresi dominan hujan. Perlu dicatat, ubi jalar banyak membutuhkan air pada awal-awal masa pertumbuhannya.


Cara tanam ubi jalar
  • Buat jarak tanam dalam barisan 30 cm
  • Tanam bibit dengan posisi mendatar. 1 penggalan ruas tertimbun dengan tanah atau maksimum ½ dari batang stek. Hati-hati jangan tertimbun semua, penggalan pucuk tetap menyembul di atas tanah
  • Siram secukupnya ( penyiraman perlu dilakukan bila penanaman pada ekspresi dominan kemarau)
 Bagaimana budidaya ubi jalar semoga menghasilkan umbi yang besar Mau Produksi Tinggi? Ini Kunci Budidaya Ubi Jalar
Menanam Ubi Jalar. Gambar : Dokpri



Perawatan ubi jalar

Merawat atau memelihara tumbuhan ubi jalar menjadi salah satu aktivitas penting dan menjadi perhatian penuh. Usahakan tidak ada lubang tanam yang kosong, bila ada segera lakukan penyulaman.

Kalau mau hasil produksi tinggi, media tumbuh harus selalu higienis dari rumput atau gulma. Karena kehadiran semak belukar di tengah-tengah ubi jalar akan terjadi perebutan nutrisi.


Pemupukan ubi jalar

Perlukah ubi jalar dipupuk? Kalau ubi jalar ditanam pada tanah yang cukup subur, maka tidak perlu dilakukan pemupukan susulan. Namun, kalau sanggup dipastikan bahwa tanah kurang subur, maka pertolongan pupuk susulan menjadi suatu keharusan.

Jika perlu melaksanakan pupuk susulan pada lahan yang kurang subur, berikan pupuk anorganik berupa pupuk NPK 16:16:16 sekitar 250 Kg per hektar. Aplikasi pupuk dengan cara dibenamkan ke dalam pari di antara barisan tanaman. Lakukan ini pada usia tanam 1,5-2 bulan sehabis tanam.


Tutup umbi

Ketika tumbuhan ubi jalar sudah memasuki usia 2 bulan, aktivitas pembumbunan atau perbaikan guludan mesti dilakukan. Sebab, pada waktu tersebut, umbi sudah mulai menyembul keluar alasannya tanah guludan sudah banyak turun jawaban tergerus oleh air hujan atau angin.  Oleh alasannya itu, tutupi umbi yang menyembul.


Pembalikan batang ubi jalar

Pertanyaannya yaitu perlukah pembalikan batang ubi jalar? Jawabnya, perlu kalau tidak memakai mulsa. Ini artinya, andai budidaya ubi jalar memakai mulsa/penutup bedengan, maka aktivitas balik-membalik batang ubi jalar tidak diharapkan alasannya tidak ada akar yang masuk ke dalam tanah pada setiap ruas batang.

Akan tetapi, kalau penanaman ubi jalar masih contoh tradisional (tanpa mulsa), aktivitas pembalikan mesti dilakukan supaya produksi umbi tinggi.

Pembalikan batang ubi jalar salah satu aktivitas yang berbeda dengan perawatan tumbuhan lainnya. Kita tau bahwa batang ubi jalar yang tumbuh merambat/menjalar di permukaan tanah. Dan pada setiap ruas akan tumbuh akar-akar yang menghujam ke dalam tanah.

Nah, bila batang yang tumbuh akar tersebut tidak dibalikkan, maka umbi yang terbentuk akan kecil. Mengapa? Sebab, akar-akar yang tumbuh pada batang merambat tersebut akan terbentuk umbi-umbi juga. 

Oleh alasannya itu, lakukan pembalikan yang dimulai semenjak umur 2-3 ahad sehabis tanam. Tapi, jangan dibalikkan semuanya juga, yang ditinggal atau tidak dibalikkan yaitu batang utama saja, yaitu batang yang ditimbun pada dikala penanaman.


Panen ubi jalar

Panen yaitu aktivitas budidaya tumbuhan ubi jalar yang dinanti-nantikan oleh setiap petani. Apalagi kalau produksinya tinggi, maka memanen ubi jalar sangat bersemangat.

Andai perawatan ubi jalar berjalan baik, panen sudah sanggup dilakukan dalam rentang waktu mulai umur tumbuhan 4 – 5 bulan (tergantung varietas).

Cara panen ubi jalar cukup mudah. Apalagi, kalau ditanam pada tanah yang sangat gembur, tinggal cabut saja umbinya. Namun, sebelum memanen, pangkas dulu batang ubi jalar hingga tersisa 15-20 cm saja.


Baca juga ini :


Apabila masih ada yang tersisa umbi dalam tanah ketika dicabut, maka gunakan cangkul untuk menggali seluruh umbi jalar dalam tanah. Tapi, hati-hati kalau mencangkul jangan hingga terkena kaki 😅..maksudnya jangan hingga kena dan merusak umbinya.

Itulah yang sanggup saya share untuk Sobat wacana kunci atau cara budidaya ubi jalar. Semoga isinya sanggup bermanfaat. Semoga sukses terus, ya dan salam.

Sumber https://pupuklahan.blogspot.com/
Comments


EmoticonEmoticon